mengoptimalkan e-learning dengan edmodo
Edmodo adalah sebuah platform
pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang
tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff
O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan
sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan
terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat
menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan
mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah
maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran
jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.
Edmodo dirancang untuk membuat
siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di
dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online,
memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan
lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan
kinerja atau perilaku.
Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan
yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa,
administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan
permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan
blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa.
Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui
Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan
dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan
posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau
kefrustrasian siswa/mahasiswa.
Permukaan Edmodo yang
menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran
untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk
memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan
dengan Edmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.
Edmodo menggunakan desain
yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan
siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan
berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis
untuk siswa/mahasiswa. Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah
dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah
diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak
pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa.
Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui
penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap periode kursus
selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru
untuk kursus berikutnya.
Seiring dengan skenario
pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial,
seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa
dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana
tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan
pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi
siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis
penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Dalam upaya untuk mencegah
orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus, Edmodo menyediakan
kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode ini diberikan
kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok.
Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan
menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke
sumber daya website dan database.
Edmodo menyediakan 4 pilihan fitur untuk mendaftar:
1. I’m a Teacher : untuk guru
2. I’m a Student : untuk murid
3. I’m a Parent : untuk orang tua
4. School&District : untuk menghubungkan sekolah kita ke Edmodo
1. I’m a Teacher : untuk guru
2. I’m a Student : untuk murid
3. I’m a Parent : untuk orang tua
4. School&District : untuk menghubungkan sekolah kita ke Edmodo
silahkan daftar:
nantikan tutoril berikutnya
support by
sumber :http://www.kopertis12.or.id
0 komentar:
Posting Komentar